KPU Papua Minta PPD Harus Bertugas Sesuai Aturan

share on:
Komisioner KPU Papua Nelkyanys Kambu berfoto bersama ketua-ketua PPD Kabupaten Mimika usai memberikan Bimtek Ryeno Guritno/HP

Timika, HP

KPU Propinsi Papua meminta kepada seluruh anggota PPD yang bertugas dalam Pemilu 2019 di seluruh Kabupaten/ Kota yang ada di Propinsi Papua agar menjalankan tugas sesuai aturan. Hal ini penting guna terciptanya Pemilu 2019 yang jujur, adil dan bermartabat di Indonesia khususnya di Propinsi Papua.

“PPD tidak boleh main-main apalagi harus mendukung calon-calon maupun Parpol tertentu. Harus bekerja sesuai aturan perundang-undangan dan PKPU yang ada serta petunjuk teknis ditambah surat edaran dari KPU,” kata Melkyanus usai memberikan Bimtek kepada seluruh PPD Pemilu 2019 Kabupaten Mimika, Sabtu (9/3).

Melkyanus mengungkapkan, pengawasan akan dilakukan secara ketat oleh Bawaslu mulai dari tingkat KPPS hingga PPS dan PPD.

“Bila bermain itu ranahnya Bawaslu, ada Bawaslu Kabupaten/ Kota, Bawaslu Propinsi hingga Bawaslu RI silahkan untuk memproses disitu ada Gakumdu jika menyangkut pidana ya tegas proses pidana,” ungkapnya.

Melkyanus berharap agar PPD hingga KPPS yang utama untuk tidak boleh bermain-main khusunya dalam perhitungan suara, karena akan fatal akibatnya.

“Saya harapkan tidak boleh rubah suara yang ada di TPS itu ya itu yang direkap sampai di KPU RI, tidak boleh ditambah atau dikurangi sekalipun,” harapnya.

Melkyanus menambahkan PPD dan penyelenggara tingkat bawah harus tetap berpedoman kepada PKPU nomor 3 tahun 2019 tentang pemungutan dan perhitngan suara serta PKPU nomor 4 tahun 2019 tentang rekapitulasi suara dan PKPU nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan hasil perolehan kursi dan calon.

“PPD harus mengetahui proses yang ada melalui Bimtek-bimtek mulai pungut hitung, rekapitulasi dan pengisian formulir. Supaya pada saat melakukan Bimtek kepada PPS dan KPPS mereka sudah tau bagaimana aturannya dan cara pengisian formulir,”ujarnya. (reg)

share on:

Leave a Response