Tiket Pesawat Mahal, Warga Beralih ke Transportasi Kapal Laut

share on:
Djunaidi/Foto : istimewa

Timika, HP

Kenaikan harga tiket pesawat saat ini membuat warga mulai banyak memilih memanfaatkan trasnportasi laut untuk bepergian. Fenomena ini terlihat pada arus mudik lebaran 2019 kali ini.

Kepala Pelni Cabag Timika, Djunaidi mengatakan, presentase kenaikan jumlah penumpang kapal pada arus mudik tahun ini cukup signifikan.

“Kenaikan capai 20 persen. Calon penumpang dari jauh-jauh hari sudah booking tiket terutama dengan tujuan yang jauh seperti di Jawa agar sampai tepat waktu lebaran dengan keluarga,” katanya kepada wartawan, Senin (13/5).

Setiap tahun, katanya, Pelni mendapat dispensasi tambahan tiket. Mimika tahun ini mendapat dispensasi sebanyak 500 tiket untuk tiga kapal yakni KM Tatamailau, KM Leuser dan KM Sirimau. Tiga kapal tersebut berkapasitas 1.000, dinaikkan menjadi 1.500 khusus di momen arus mudik.

“Kalau sudah sampai 1.500 penumpang atau tiket seluruhnya terjual maka kami tidak layani lagi penjualan tiket karena sudah sesuai dengan seat yang ada,” katanya.

Untuk tambahan kapal atau rute, kata Djunaidi pihaknya tidak mengajukan karena selama beberapa tahun ini kebutuhan kapal masih bisa terlayani dengan tiga kapal yakni KM Leuser, KM Tatamailau dan KM Sirimau.

“Saya senang juga karena masyarakat sekarang sudah sadar membeli tiket dari jauh-jauh hari. Seperti tujuan ke Jawa itu sudah di booking dari jauh-jauh hari,” katanya. (bur)

share on:

Leave a Response